MANFAAT YANG DIDAPAT DARI KEGIATAN ALAM BEBAS


Bersama Anak di Alam Bebas!

Pernahkah kita mendapatkan quality time bersama anak-anak baik pada saat liburan, rekreasi atau bahkan hanya sekedar di rumah?

Tidak begitu sulit rasanya mengajak anak-anak kita berlibur atau berekreasi guna mendapatkan waktu-waktu yang berkualitas dimana banyak tempat-tempat liburan dengan berbagai fasilitas dan aktifitas yang dapat menunjang liburan kita bersama anak-anak. Tapi pernahkah terpikir oleh kita untuk mengajak anak-anak berlibur di alam bebas dengan melakukan aktifitas petualang yang sedikit menantang? sehingga kebersamaan kita dengan anak-anak tidak hanya mendapatkan hiburan rekreasi tapi juga mendidik dan memberi pengalaman berharga bagi anak sekaligus mendapatkan quality time dalam waktu yang bersamaan.

Berbagai manfaat positif bisa kita dapatkan jika kita mengajak anak kita untuk beraktifitas di alam bebas. Selama memperhatikan dan mengikuti ‘aturan main’ yang ada, kegiatan alam bebas menjadi kegiatan yang aman, murah dan menyenangkan untuk dilakukan.

Dr. Andrea Faber Taylor, peneliti lingkungan dan perilaku anak di Landscape and Human Health Laboratory Universitas Illinois, menyebutkan bahwa semua anak, bisa mendapat manfaat dari kegiatan menghabiskan waktu di alam terbuka. Alasannya diduga karena otak menggunakan dua bentuk atensi. Atensi “yang terarah” memampukan kita berkonsentrasi dalam kerja, membaca, dan tes-tes, sementara atensi “bebas” akan mengambil alih kalau perhatian kita teralih oleh gemericik air, tangisan bayi, panorama yang indah, atau binatang jinak yang merambat ke pangkuan kita.

Atensi kita harus dipulihkan kembali dari kelelahan itu, dan ada semakin banyak bukti ilmiah bahwa alam adalah satu hal yang tampaknya benar-benar efektif menciptakan [pemulihan] itu
~Dr. Andrea Faber Taylor (1)

Biasanya, bagi anak yang belum terbiasa dengan aktifitas alam bebas tidak akan mudah tertarik. Dengan memanfaatkan emosi anak yang cenderung ingin tahu dan mencoba segala hal yang bersifat baru menjadi salah satu cara jitu untuk memperkenalkan kegiatan alam bebas ini, kemudian membiarkan anak beradaptasi dengan lingkungan alam bebas-nya tanpa harus seringnya kita melarang dengan ucapan “jangan” akan membuat anak merasa nyaman dengan aktifitas alam bebasnya.

Berikut beberapa manfaat yang di dapat dari kegiatan alam bebas:

1. Menambah pengetahuan dan pemahaman anak tentang alam. Beragam flora dan fauna yang belum pernah dilihat sebelumnya tentu saja akan menambah wawasan

2. Merangsang anak menjadi lebih responsif terhadap lingkungan sekitar sehingga anak lebih berempati terhadap lingkungan

3. Melatih kecerdasan motorik. Saat melakukan berbagai aktifitas outdoor, otomatis seluruh bagian tubuh akan bergerak

4. Meningkatkan kebersamaan dan kekompakan. Pada umumnya dalam kegiatan outdoor / alam bebas orangtua akan melibatkan diri terhadap aktifitas anak. Disinilah seluruh keluarga yang mengikuti kegiatan akan menemukan quality time

5. Memacu semangat dan kreatifitas

6. Berani mencoba hal baru, secara psikologis akan menambah rasa percaya diri anak

7. Belajar untuk survive. Pengalaman baru akan membuat anak beradaptasi terhadap lingkungan sekitarnya. Dalam kondisi tertentu, anak akan dihadapkan pada kenyataan untuk survive. (2)

Apa saja aktifitas di alam bebas yang bisa kita lakukan bersama anak?

Banyak sekali, diantaranya yang cukup mudah dan menyenangkan seperti :

Hiking

Yaitu aktifitas yang tujuannya melakukan perjalanan petualangan (trekking) ke alam bebas dapat berupa puncak gunung, bukit atau pedesaan dengan menempuh medan atau lintasan hutan, sungai, rawa, jalan setapak yang tentunya membutuhkan fisik yang stamina dan pengetahuan untuk mendukung kegiatan tersebut. Selain bermanfaat untuk melatih organ-organ tubuh yang penting pada sistem fungsi tubuh manusia, hiking juga bermanfaat melatih seseorang lebih percaya diri, bekerja keras, lebih mandiri dalam menyelesaikan masalah, lebih mudah survive, lebih memahami dan mencintai lingkungan sekitar, juga bisa memberikan wawasan serta pengetahuan tentang manfaat serta fungsi lingkungan dan alam sekitarnya bagi kehidupan.

Hiking sangat dimungkinkan bagi peserta anak-anak dan memiliki manfaat yang banyak selain manfaat-manfaat di atas. Namun perlu diingat, kegiatan hiking ini tidak mudah dilakukan bagi anak baik secara fisik maupun mental, tapi justru dengan mengandalkan emosi dan individu bermainnya maka para orang tua atau pendidik dapat memotivasi serta memberikan apresiasi atas upaya anak-anak untuk mencapai keberhasilannya dalam melakukan kegiatan petualangannya, sehingga petualangan tersebut menjadikan kebanggaannya sekaligus hiburan pengetahuan yang menyenangkan dan tidak terlupakan di benaknya.

Family Camping

Family camping menjadi satu alternatif untuk getaway (kabur dari rutinitas) agar mendapat quality time yang sangat menyenangkan di alam bebas. Bayangkan, kita akan merasakan tidur bersama anak-anak, merasakan bersama dinginnya malam, mengantarnya buang air, dan mengetahui bagaimana mandiri atau tidaknya anggota keluarga kita dan lainnya. Mungkin bagi benak sebagian besar orang tua masih berfikir bahwa kegiatan camping di alam bebas hanya kegiatan yang menyusahkan, beban dan ribet, namun jika kita mengetahui tips untuk melakukan kegiatan ini maka family camping sebenarnya bukan sesuatu yang menyusahkan, ribet bahkan membuat stress, sebaliknya family camping adalah kegiatan alam bebas yang mempunyai aspek positif bukan cuma untuk anak tetapi juga untuk orang tua, bahkan sebuah keluarga sampai menyatakan “now family camping has never been this much fun!”

Beberapa tips agar family camping kita menyenangkan dan menjadi quality time :

- Menentukan lokasi camping ground yang aman dari kemungkinan bencana alam.

- Membuat check list perlengkapan yang akan di bawa.

- Jangan buang waktu dengan bermalas-malasan di dalam tenda apalagi diganggu dengan urusan pekerjaan karena sekarang waktunya having fun besama orang-orang yang dicintai, Lakukan hiking, membuat makanan/minuman atau hanya sekedar eksplore lingkungan setempat.

- Buat suasana malam menjadi berarti dengan membuat api unggun (firecamp), barbeqeu atau sekedar membakar jagung.

- Jika cuaca tidak mendukung melakukan aktifitas di luar tenda, maka lakukan degan permainan bersama keluarga di dalam tenda; bercerita tentang alam ciptaan Tuhan atau hal lainnya. Hindari bercerita yang menakutkan.

- Lakukan semua kegiatan sebisa mungkin dengan cara team work (saling bekerja sama dan saling membantu), misal memasang/membongkar tenda, menyiapkan makanan, mencari kayu bakar.

- (Saran) Bagi pemula sebaiknya melakukan Family camping bersama Penyelenggara Kegiatan Alam Bebas (Organizer) agar mendapatkan rangkaian kegiatan yang efektif dan efisien.

Setelah kita mengetahui berbagai manfaat positif beraktifitas di alam bebas, masihkah kita menganggap bahwa ‘bersama anak di alam bebas’ adalah aktifitas yang hanya membuang waktu, beresiko dan sia-sia? Tentunya tidak, nah sudah merancang apa untuk liburan awal tahun kita ini?

Pujisar -Summitmas, 25 Oktober 2011

Notes:

1. [Riset] Pentingnya bermain, waktu bebas, dan alam terbuka bagi anak
http://www.sekolahrumah.com

2. Nyanyu Partowiredjo, Trip planner
http://picnicholic.webs.com

Comments

  1. Sip. Kegiatan di alam bebas dapat merefresh pikiran dan tubuh kita.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MANAJEMEN PERALATAN DALAM KEGIATAN ALAM BEBAS

PISAU ADALAH SAHABAT SEJATI BAGI PARA PETUALANG

TIPS MEMILIH SEPATU ROCK CLIMBING